Sabtu, 09 November 2013

DAUR ULANG KERTAS KARTON


“ PERNAK-PERNIK KERTAS KARTON “

 
Koran, kertas karton , dan kardus, menumpuk dirumah? Tentu membuat kita  menjadi stres  dan bingung untuk memanfaatkannya. Jangan khawatir jika di rumah  banyak kertas karton  ataupun sejenisnya yang menumpuk. Kita  dapat memanfaatkannya menjadi pernak-pernik yang cantik dan bernilai jual. Dengan sedikit sentuhan kreativitas, kita  dapat mengubah tumpukan tersebut menjadi uang. Kertas karton  merupakan bahan yang tebal  dan keras , yang dihasilkan dengan kompresi serat yang berasal dari pulp. Peluang bisnis kertas karton  yang di daur ulang ini menarik karena dapat dilakukan oleh siapa saja dan membutuhkan modal yang kecil. Kita  dapat menggunakan alat-alat yang ada disekitar Anda. Ternyata tidak banyak orang yang tahu bahwa jika dilakukan dengan kreatif dan baik maka akan menguntungkan, serta kerajinan daur ulang tersebut  dapat menghasilkan omset yang berlimpah.
Kertas karton yang di daur ulang menjadi pernak-pernik benda bermanfaat,  sehing a dapat membuat masyarakat yang membutuhkan barang ini dapat mencarinya dengan mudah. Kreasi yang tidak pernah terkirakan sebelumnya, yaitu kertas karton dirubah menjadi tempat kue untuk kado pernikahan, tempat roti tart, sebagai tempat jam tangan, dll. Sehingga kertas karton yang menumpuk dirumah dapat terkurangi menjadi barang yang cantik, yang dapat menghasilkan rupiah.
Hanya dengan sedikit sentuhan kreativitas dapat membuat Kertas karton menjadi barang yang menarik yaitu dengan menambahkan kertas kado yang bermotif. Disini saya tidak mengajarkan menyulap benda bekas menjadi indah tetapi berbagi cara untuk memanfaatkan barang bekas.

 Alat-alat untuk mebuat adalah :
1.    Kertas karton
2.   Gunting atau cuter
3.  Penggaris
4.  Lem kastol
5.   Pensil

Sekarang langkah-langkah untuk membuatnya  adalah :

1.    Pilih kertas karton yang masih baik
2.   Ukur sesuai dengan keinginan. Misal panjang = 30 cm dan lebarnya 30 cm. jika tempat atau wadah yang digunakan adalah berukuran 30cm X 30cm. maka penutupnya menggunakan ukuran yang lebih besar yaitu 40cm X 40cm. 
3.  Ukur juga untuk bagian sisi-sisi ruangnya sehingga berbentuk kotak.
4.  Potong   sesuai dengan garis
5.   Lekatkan tepi satu dengan yang lainnya sesuai dengan ukuran tang telah di  buat dengan menggunakan lem kastol
6.  Jika  sudah melekat berbentuk wadah, maka lapisi dengan kertas kado sampai bagian luar tidak kelihatan
7.   Selesai tinggal di pasarkan.

Pemasarannya juga mudah. Hanya dengan lewat kata bicara saja juga masyarakat juga sudah mengerti. Masyarakat sebagian besar mungkin hanya mengetahui yang  berasal dari plastik. Ini bentuk terbaru dari tempat kue yang hanya siap untuk bawa. Harganya juga tidak mahal. Tergantung dari motif, ukuran, dan bentuknya saja. Bentuknya juga bermacam-macam. Bisa segitiga, bisa persegi, bisa lingkaran, dll. Harganya yaitu 17.500,00 sampai 30.000 lebih. Wah,, hanya dengan kertas karton bekas diperoleh rupiah yang besar.

Oleh : Alif Ariska

0 komentar:

Posting Komentar