Selasa, 05 November 2013

DAUR ULANG BOTOL PLASTIK

                                        

Baling-baling sederhana



Botol plastic merupakan produk yang di gunakan hanya untuk sekali pemakaian. Namun ternyata botol plastic yang sudah bekas masih memiliki nilai yang tinggi jika dimanfaatkan dengan dengan baik. Pernah gak terfikir oleh kita botol bekas minuman yang selama ini kita beli bisa kita manfaatkan menjadi uang. Ini bukan sulap ataupun bukan sihir loh, sebenarnya siapapun bisa melakukan hal tersebut asalkan ada kemauan dan memiliki seni kreativitas yang tinggi. Seperti yang saya bilang diatas. Akan tetapi, pada awalnya melihat botol bekas bagi saya adalah sampah yang harus di buang. Paling tidak  botol bekas itu dimanfaatkan lagi oleh pemulung untuk dijual ke tukang loak, dan kemudian di tukang loak tersebut botol bekas terebut di daur ulang kembali menjadi botol kemasan baru. Itu lo pemanfaatan kembali barang yang tidak sehat untuk digunakan lagi pada masyarakat. nah pemanfaatan yang baik adalah mengolah botol bekas tersebut menjadi baling-baling atau kincir angin sederhana.
            Baling-baling sederhana ini bergerak dan berputar dengan adanya angin. Bila tanpa angin pergerakan kincir angin hanya lambat. Kincir angin merupakan benda yang dapat didaur ulang dan bahan dasarnya tidak hanya berasal dari botol plastic saja tapi dari kertas juga bisa. Tapi saya, untuk kali ini akan mengulas tentang kincir angin sederhana yang ada berasal dari botol plastic bekas.
            Kincir angin sederhana ini berasal dari bahan dasar botol plastic bekas. Ada bahan-bahan yang bisa digunakan untuk pembuatan kincit angin sederhana yaitu:  

* Bahan - bahan yang di gunakan adalah :
·        Botol plastic bekas ( aqua kecil ).
·        Gunting.
·        Perekat atau lem.
·        Selotip berwarna.
·        Pita kain berwarna.

Kemudian ada langkah-langkah pembuatan kincir angin sederhana yaitu sebagai berikut :

1.       Pilihlah botol bekas yang masih bagus
2.     Gunting botol tersebut sesuai dengan keinginan mu.
3.     Bentuklah guntingan itu dari atas menuju ke bawah.
4.     Lakukan pembentukan sesuai keinginan mu.
5.     Kemudian lapisi botol dengan selotip berwarna.
6.     Agar lebih menarik, tambahilah dengan pita kain berwarna.
7.     Bentuklah sesuai dengan keinginan mu.

Kincir angin sederhana ini walaupun dari bahan dasar botol bekas tapi memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Bahan dasar yang di peroleh malah tidak memilki nilai atau harga. Tetapi jika setelah diolah akan bernilai yang tinggi. Karna sampah bukan merupakan bahan yang sudah tidak layak pakai tetapi merupakan bahan dasar membuatan benda yang memiliki nilai tinggi.

Selain memberikan nilai ekonomis yang tinggi, juga dapat memberikan manfaat yang baik untuk masyarakat. yaitu :
1.       Dengan dimanfaatkan sebagai daur ulang, data mencegah terjadinya banjir.
2.     Mengurangi penghambatan penguraian dalam tanah.
3.     Tidak menimbulkan polusi tanah dan polusi udara jika tertumpuk banyak.

0 komentar:

Posting Komentar