Selasa, 05 November 2013

DAUR ULANG KAIN




Kain merupakan bahan yang merupakan bahan yang mudah untuk di daur ulang. Akan tetapi jika di daur ulang juga bisa membentuk sebuah bendabyang memilki nilai ekonomis tinggi. Kali ini saya memanfaatkan kain untuk bros cantik yang dapay di gunakan untuk sehari-hari. Bagi yang suka menggunakan aksesoris hijab. Inilah aksesoris yang mudah untuk dibuat dengan cara yang simpel. Mungkin kita mengira bahwa bros ini semua bisa membuat. Walaupun mudah untuk dibuat,  tapi jika mereka tidak memiliki kreativitas yang baik. Dia juga akan merasa kesulitan.
      Bahan dasar  yang di gunakan dalam pembuatan bros kerudung cantik ini dari kain perca atau kain bekas yang sudah tak di gunakan lagi. Kain perca tersebut dicari yang masih memiliki lebar yang cukup untuk digunakan. Sehingga kain dimanfaatkan untuk bahan dasar bros. bahan-bahan bros selain yang digunakan adalah kain perca disampingi dengan benang sebagai pengikat, jarum sebagai perajut,  lem sebagai penguat, serta peniti sebagai penghubung antara bros dengan kerudung, dan lilin sebagai peleleh lem padat. Dalam pembuatan ini tidak lepas dari bahn tambahan yang di gunakan untuk menarik perhatian bagi yang melihat.  Cara pembuatan manic-manik bros cantik ini  mudah yaitu dengan cara :
Ø Siapkan kain perca, jarum, benang dan gunting.
Ø Rajut kain perca dengan pola berdelujur tanpa putus.
Ø Sisakan benang sebagai penarik kain agar dapat terbentuk seperti bunga melingkar.
Ø Ikat bagian bawah dengan benang sampai erat, tujuanya agar kain tidak bergerak atau terlepas dari ikatan yang awal.
Ø Jika bros sudah membentuk bunga, maka tambahilah dengan putik yang berbentuk rangkaian bunga.
Ø  Pasangkan di tengah-tengah kain perca yang sudah terbentuk bunga dengan cara menjahit rangkain bunga dengan rangkaian kain perca yang berbentuk bunga.
Ø Siapkan lilin dan lelehkan lem padat sebagai perekat peniti yang akan dipasangakan.
Ø Langkah terakhir adalah melakukan percobaan apakan peniti yang dipasangkan pada manic-manim bros cantik sudah kuat atau belum, dengan tujuan apakah peniti tersebut mudah cepat lepas atau dapat bertahan dengan lama.

Biaya yang dikeluarkan untuk membuat manic-manik bros cantik ini mahal hanya cukup dengan mengeluarkan uang  Rp 1500,00 untuk 1 pembuatan manic-manik bros  cantik. Dengan uang Rp. 1500,00 rupiah sudah dapat membuat manic-manik yang bagus.  
Jika hanya dengan uang Rp 1500,00 dapat membuat 1 manik-manim bros cantik dari kain perca. Bros ini dapat dijual dengan harga Rp 5000,00/buah. Dengan modal Rp 1500,00 bisa menjadi Rp 3500,00. Keuntungan yang didapat juga cukup lebih. 1 bros keuntunganya Rp 2000,00/buah, itu dengan perhitungan buah. Tinggal berapa banyak manic-manik bros yang di hasilkan dengan mengalikan dengan keuntungan.
Dalam pembuatan manic-manik dari kain perca ini banyak bentuknya. Dan bahan yang digunakan juga dari berbagai kain sisa yang ditelah  gunakan. Kain yang digunakan juga bisa menggunakan kain flanel.  


0 komentar:

Posting Komentar