Sabtu, 30 November 2013

BISNIS TERNAK



Peluang bisnis sedehana


             Memang tak semua orang puas dengan pekerjaan serta gaji bulanan yang telah di dapat. Dan untuk itulah usaha sampingan itu ada untuk memanjakan bagi para pekerja yang ingin memiliki usaha mandiri, baik di rumah maupun di luar rumah. Usaha atau bisnis sampingan memang tak bisa dipisahkan bagi mereka yang memiliki kepribadian pekerja keras.
Karena selagi masih ada pelaung tentunya tak ada salahnya bagi para karyawan untuk membidik peluang usaha yang memungkinkan djalankan di waktu-waktu luang sepulang kerja maupun di hari libur. Namun sayangnya tak semua orang khususnya para karyawan bisa dengan mudah menemukan bisnis sampingan modal kecil yang mereka cari. Bisnis samapinga ini antara lain :

1. Ternak ayam skala rumahan
      
Bidang ternak memang bidang bisnis yang tak pernah mati, kecuali binatang ternakknya yang mati karena salah dalam perawatan. Namun itu hanya kemungkinan terkecilnya saja. Bisnis ternak selalu hidup di pasar mana pun, karena kebutuhan untuk konsumsi hewan ternak bisa dibilang cukup tinggi.
Dan ternak ayam sebagai salah satu komoditi ternak yang paling mudah, tentunya bisa dijadikan sebagai bisnis utama maupun untuk bisnis sampingan bagi para karyawan di sela-sela aktifitas saat sedang berada di rumah. Menternakkan ayam dalam jumlah tertentu di pekarangan rumah, tentu bisa menjadi aktivitas yang cukup bermanfaat di saat sepulang kerja maupun sebelum berangkat kerja ketika memberi makan ayam-ayam yang diternakkan.

2.Ternak jangkrik



Untuk ternak jangkrik ini adalah jenis usaha yang hanya memerlukan keuletan agar dapat mendapatkan hasil yang maksimal. Tidak banyak yang berminat untuk menekuni ternak jangkrik ini karena ternak jankrik ini kategori usaha yang tidak mudah. Akan tetapi keuntungan yang didapat akan besar jika omzet yang dicapai juga besar yaitu dipasaran. Usaha ternak jangkrik ini jika ditekuni dengan baik dapat juga menambah nilai perekonomian.
Untuk melakukan usaha ternak jangkrik juga harus memperhatikan luas lokasi yang akan digunakan. Karena melakukan ternak jangkrik juga harus memilki tempat yang luas. Agar aktivitas yang dilakukan setiap hari juga tidak terpengaruh, lebih baik penempatnya dijauhkan dari posisi rumah, guna memperhitungkan kesehatan juga. Karena jika lokasi jangkrik didekatkan dengan lingkungan rumah, jadi kotoran yang ada di jankrik-jangkrik tersebut terbang terbawa angin kemudian di hirup dan memyebabkan kesehatan jadi terganggu.                                                                                            

                                                                                                   3. Budidaya burung hias

Salah satu usaha yang dapat dikembangkan adalah melakukan usaha pembudidayaan burung hias. Banyak seseorang yang menggemari burung hias. walaupun dengan harga yang dijangkau tidak cukup murah. Mereka memilik berkorban uang sampinganya untuk di belikanya burung hias. Salah satu burung yang paling populer saat ini adalah burung kenari, cucak ijo,  dll. Burung ini banyak dicari karena selain burungnya bagus, warnanya menarik, kicauanya juga merdu. Bagi seseorang untuk membeli burung dengan harga diatas Rp 400.000 adalah gampang. karena mereka menggemari burung hias tersebut. Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba membuka usaha ini. Walaupun di butuhkan modal yang banyak. Akan tetapi, nilai keuntungan yang di peroleh juga akan semakin banyak.
                                                                                                   4. Ternak  bebek


Budidaya adalah unit usaha peternakan di bidang produksi ternak, budidaya ternak bebek berarti usaha peternakan bidang produksi ternak bebek, dalam budidaya perlu diperhatikan aspek skala yang akan kita buat apakah usaha ternak sekala kecil, menangah atau besar. landasan dalam menantukan skala usaha adalah faktor modal  dan juga analisa secara cermat tentang resiko dan peluang pada ternak bebek. Jika kita sebagai pemula dalam beternak bebek ini sebaiknya mulailah dengan skala kecil terlebih dahulu sehingga lambat laun kita memahami usaha ternak bebek sepenuhnya. Karena untuk memperkecil kemungkinan gulung tikar. Dalam budidaya ini dibutuhkan perencanaan menyangkut jenis yang akan kita budidayakan, apakah bebek petelur atau bebek pedaging. Kedua jenis ini memiliki resiko dan prospek yang berbeda dari segi bisnis dan analisa ekonomis.  Kemudian untuk lokasi, usaha ini harus menprediksi sekecil mungkin dijauhkan dari lokasi sekitaran rumah. Agar tidak mempengaruhi kesehatan. Walaupun usaha ini ribet tetapi hasil yang didapat juga sangat berlimpah.



0 komentar:

Posting Komentar