Selasa, 05 November 2013

DAUR ULANG PLASTIK / SEDOTAN



BUNGA HIASAN MEJA TAMU

      Plastik merupakan benda yang sulit untuk diuraikan. Membutuhkan waktu yang lama untuk menguraikan dengan tanah yaitu ratusan tahun saja belum tentu teruraikan. Karena plastik mengandung zat kimia yang membuat plastik sulit untuk di hancurkan jika itu sudah menjadi sampah. Sampah sendiri memilki arti yatitu barang yang sudah tak dapat di gunakan lagi atau barang yang sesudah digunakan dan dibuang karena sudah tidak memiliki arti lagi. Apalagi sampah plastik. Banyak yang mengatakan bahawasampah plastic tersebut harus dihancurkan. Pengertian dihancurkan adalah di daur ulang lagi. Akan tetapi banyak orang memprediksi bahwa mendaur ulang sampah plastic tidak ada manfaatnya, karena mereka mengira bahwa sampah plastik akan digunakan untuk apa?, itu anggapan orang yang tidak memilki keterampilan.
          Sebenarnya sampah plastik memiliki nilai seni yang tinggi. Yaitu dapat digunakan hiasan. Jika masyarakat memiliki keterampilan yang baik untuk melakukan daur ulang, maka sampah plastik akan dapat meningkatkan nilai devisa Negara, jika dilihat dari ruang lingkup yang luas. Jika hanya dilihat dari sisi artian sempit, maka dapat meingkatkan pendapatan daerah. Dibawah ini akan diberikan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat hiasan ruah, seperti bunga dari daur ulang sampah plastik.


    Bahan-bahan :

         Ø     Gunting
       Ø   Monte
                 Ø       Kawat bekas
                Ø         Benang
                Ø          Sedotan
Langkah-langkah pembuatan bunga adalah :
· Bentuk kawat seperti membentuk segitiga dari ujung sampai ke ujung lagi.
·           Gunting plastik sedotan dengan bentuk oval menyerupai bunga.
·           Gunting juga plastic dengan bentuk seperti daun.
·     Gabungkan 4 potong atau 5 potong bentuk bunga kemudian ikatkan dengan benang dan gabungkan dengan sedotan yang masih belum berubah bentuk.
·        Jika sudah membentuk seperti bunga, gabungkan dengan tangkai yang berasal dari kawat.
·        Ikatkan daun dengan tangkai dengan menggunakan benang juga.
·  Letakan pada tempat yang sekiranya di anggap menarik untuk dipandang.
·        Jadilah bunga seperti yang tapak.

        Senaja saya membuat dua model untuk percobaan karena dua-duanya memiliki keunggulan sendiri-sendiri. Manfaatkan swampah dengan sebaok-baiknya. karena sampah memiliki nilai yang tinggi jika sudah di daur ulang menjadi barang yang lebih baik. 

Oleh : Alif Ariska....

0 komentar:

Posting Komentar