Selasa, 05 November 2013

DAUR ULANG AIR LIMBAH


               Daur ulang air limbah Rumah Tangga




Baru di resmikan instalasi air limbah komunal atau IPAL KOMUNAL. Pendaur ulangan air ini berada di jalan Barito Utara, Blitar. Instalasi air limbah ini di namakan dengan sawage treatment garden plant. Air limbah ini berasal dari limbah Rumah Tangga sekitar lingkungan masyarakat itu sendiri. limbah air bekas KM, dan limbah air dapur Rumah Tangga. Tujuan dibangunnya instalasi air limbah adalah untuk menyelamatkan aor bersih dari pencemaran air limbah, agar tetap bermanfaat bagi generasi yang akan datang. Dan tidak disangka, ternyata limbah air Rumah Tangga ini dapat di daur ulang dan membawa dampak positif bagi masyarakat sekitar. Pengolahan air limbah ini memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri yaitu:

v     Kelebihan :


·        Memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk membuang air limbah Rumah Tangganya.

·        Air limbah tersebut tidak mencemari air sungai yang bersih.
·        Menjadikan lingkungan menjadi asri.

v     Kekurangan :


·        Karna air ini bercampur menjadi satu maka menimbulkan bau yang menyengat disekitar area pengolahan air limbah.

·        Tempat yang dimanfaatkan untuk pengolahan air limbah tidak terlalu luas (sempit).
Instalasi air limbah komunal ini meskipun memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri namun air limbah komunal ini bermanfaat bagi masyarakat sekitar, yaitu :
1.       Air limbah yang sudah di filter dapat di manfaatkan sebagai budidaya ikan.
2.     Dapat dimanfaatkan juga untuk mengairi tanaman yang dipelihara di sekitar area pengolahan air limbah ada tanaman Boga, sayuran, dan tanaman bunga.
3.     Dapat dijadikan sebagai biogas.
4.     Menjadikan masyarakat hidup saling kerukunan karena adanya area pengolahan limbah air Rumah Tangga.


       Cara pengolahan air limbah tersebut juga ada tingkatan tersendiri. Yang pertama pemisahasan antara limbah berat. Limbah berat itu masih murni atau langsung dari pembuangan kotoran dari masyarakat. Di dalam kolam atau tempat yang di gunakan untuk mengolah yang pertama terdapat alat yang digunakan untuk menghancurkan kotoran manusia. Kemudian cara yang kedua yaitu air limbah sedang. Proses kedua ini merupakan hasil sebelum air berubah menjadi kotoran kering seperti pupuk organik. Namun pada tahapan kedua air masih menggenangi kolam  pengolahan ke dua. Dan cara yang terakhir adalah air limbah ringan. Air limbah tersebut sudah berubah bentuk menjadi kotoran kering menyerupai pupuk namun tanpa air, hasil akhir tersebut yang menjadi bahan dasar pembuatan biogas.
  .                                                       

Dengan adanya pendaur ulangan air limbah menjadi biogas, sangat membantu kondisi pihak pemerintah, jika apaika sewaktu-waktu terjadi keterlambatan gas untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dalam hal ini pemerintah juga berperan aktif dengan adanya instalasi air limbah tersebut. Pemerintah juga tiga memfokuskan bahwa area tersebut hanya milik masyarakat sekitar saja. Namun jika ada masyarakat lain ingin menikmati hasil dari daur ulang limbah air tersebut juga di perbolehkan. Tidak ada biaya dari  pengolahan air limbah tersebut, namun ada retribusi saja dengan semampunya.
                                                                                                             

 


            Inilah hasil dari daur ulangan air limbah rumah tangga yang akan digunakan untuk biogas. Sudah terpisah dari air dan jika di dekatkan dengan api akan mengeluarkan api juga.



Oleh : Alif Ariska ............. 














 

0 komentar:

Posting Komentar